oppengeimer

Mengulas Film Oppenheimer, Film Karya Christopher Nolan  

Posted on

JASBELLYFUSIONKetika membahas film karya Christopher Nolan, pikiran kita pasti tertuju pada sebuah tayangan bertema sains fiksi. Tahun 2023 ia kembali muncul membawa Oppenheimer, karya Christopher Nolan yang katanya memiliki durasi terpanjang dibanding film lainnya.

Sinopsis

Tayang pada 21 Juli 2023 mendatang, film biopik tentang J Robert yang mengambil seting cerita masa Perang Dunia ke 2.

J Robert adalah ilmuwan yang menemukan bom atom dan mengambil peran dalam Manhattan Project. Hal yang ditonjolkan dalam trailer film ini adalah rasa khawatir tentang penemuan yang ia buat.

Semua yang dia khawatirkan sulit untuk dijelaskan dengan kata dan baru bisa terdefinisikan ketika sudah terjadi.

Ketegangan saat pembuatan hingga sesi uji coba dipertontonkan dalam trailer. Aktor Cillian Murphy yang dipercaya untuk memerankan sosok Robert Oppenheimer pun berhasil membawakan karakternya dengan baik.

 

Film Christopher Nolan yang Durasinya Paling Panjang

Dikutip dari berbagai sumber, Nolan menyebutkan bahwa durasi film Oppenheimer menjadi film terpanjang yang pernah ia buat.

Dari bocoran sang sutradara, film tersebut akan menyentuh angka 3 jam untuk durasinya. Jika ditelaah lagi memang durasi tersebut lebih lama sedikit jika dibandingkan dengan karya lain dari Christopher Nolan.

Sebelumnya, ia pernah membuat film dengan durasi 2 jam 49 menit untuk karyanya yang berjudul Insterstellar.

Jadi memang sebelum film Oppenheimer, karya-karya Nolan sudah berdurasi cukup panjang. Bayangkan sepanjang apa film dengan durasi terpanjang yang ia buat kini. Salah satu ciri khas Nolan adalah pembawaan cerita yang cukup lambat namun berhasil menjelaskan banyak hal.

Sebab karya-karyanya Nolan kebanyakan bergenre sains fiksi atau fiksi ilmiah yang tidak mungkin dibuat cepat.

 

Fakta Menarik Oppenheimer, Karya Terbaru Nolan

Tidak lengkap rasanya jika membahas tentang Christopher Nolan namun tidak mengulik fakta menarik dari karyanya. Di bawah ini adalah beberapa fakta yang menarik untuk di ulik, di antaranya ialah:

  1. Adaptasi Buku

Kali ini, Nolan mengadaptasi sebuah buku berjudul American Prometherus, The Triumph and Tragedy of J Robert Oppenheimer.

Sebuah buku karya Kai Bird dan Marthin Sherwin yang berhasil meraih Pulitzer pada tahun 2006. Yakni sebuah penghargaan tertinggi yang ada di bidang jurnalistik cetak di Amerika Serikat.

 

  1. Biaya Produksi Tidak Sedikit

Ketika membahas soal biaya produksi rasanya tidak aneh jika sebuah film memakan budget yang sangat besar.

Termasuk film yang dihasilkan Nolan kali ini, biayanya mencapai 100 juta USD atau setara dengan 1,4 Triliun Rupiah. Angka tersebut sangat dimaklumi mengingat banyak visual efek yang dibutuhkan untuk memvisualkan pembuatan bom atom di masa lalu.

Belum lagi jajaran bintang ternama yang menghiasi karya Christopher Nolan kali ini, angka tersebut tidak ada apa-apanya.

 

  1. Tidak Bersanding Dengan Warner Bross

Dimana ada Christopher Nolan, pasti ada Warner Bross, itulah kira-kira ungkapan yang cocok untuk menggambarkan hubungan keduanya. Namun tidak kali ini, sebab film Oppenheimer dikerjakan Nolan bersama Universal Pictures.

 

  1. Peran Nolan Sebagai Sutradara dan Penulis Naskah

Dalam menunjukkan dedikasi dan totalitas untuk karya terbarunya ini, Nolan bukan hanya menduduki 2 kursi, tapi 3 sekaligus.

Ia bukan cuma berperan sebagai sutradara, tapi mengambil bagian juga di kursi penulis naskah. Bahkan sebagai produser bersama Emma Thomas dan Charles Roven. Dalam sebuah wawancara, Nolan mengaku bahwa karakter dalam Oppenheimer adalah yang paling paradoks dan ambigu. (redaksi: visitorbet )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *