menstrual cup and disc

Mengenal Menstrual Disc Alat Tampung Darah Haid Inovasi Baru

Posted on

JASBELLYFUSIONMenggunakan menstrual disc untuk Berhubungan Seks Saat Menstruasi. Pembahasan tentang penggunaannya tiba-tiba menjadi topik hangat di jejaring sosial. Seorang pengguna membagikan pengalamannya  menggunakan alat ini dan mengklaim bahwa alat ini tidak mengganggu performa seksual.

“Akhirnya saya mencoba Flex Menstrual disc untuk berhubungan intim saat haid. Ternyata Aman, tidak mengganggu sama sekali, bahkan tidak ‘berasa’. Ternyata menstrual disc merupakan penahan yang efektif mencegah terjadinya pendarahan di mana-mana,” cuit seorang netizen.

Selain itu, tidak sedikit juga yang mempertanyakan tentang menstrual disc. Berikut fakta-fakta seputar menstrual disc yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

Mengenal Menstrual Disc

Mengetahui apa yang dimaksud dengan menstrual disc ini, memberi pengetahuan baru juga sangat membantu sekali bagi pasangan suami istri. Untuk memahaminya lebih jauh, silahkan simak Pembahasan berikut.


  1. Mengenal Menstrual Disc

Menstrual disc adalah alat yang digunakan untuk menampung darah saat menstruasi. Fungsinya mirip dengan tampon atau pembalut, namun pembalut menahan darah untuk sementara.

“Alat ini seperti kondom wanita dan vagina cup,” kata dokter spesialis obgyn dr Julita Nainggolan kepada SpoG.

Menstrual disc bekerja dengan menutup bagian atas vagina sehingga darah disimpan sementara. Karena bentuknya yang lebih tipis dari menstrual cup, alat ini tidak menghalangi penggunanya untuk berhubungan intim.

 

  1. Telah ditemukan sejak tahun 1994

Mengutip dari Flexfits.com, Ultrafem Inc., berbasis di Amerika Serikat. telah mengembangkan pembalut sejak 1994.

Pada 2015, Lauren Schulte Wang, pemilik dan CEO The Flex Company, mengulas produk ini. Setelah mengakuisisinya pada tahun 2016, The Flex Company, mengembangkan produk tersebut menjadi Flex Disc seperti yang dikenal orang saat ini.

 


  1. Sangat beda dengan menstrual cup

Menstrual disc memiliki bentuk yang lebih rata daripada menstrual cup. Aplikasi kedua produk ini juga berbeda. Menstrual cup digunakan lebih sedikit di saluran vagina. Namun, karena posisinya yang lebih rendah, risiko kebocoran tetap tinggi.

Di sisi lain, menstrual disc ditempatkan di dekat leher rahim atau leher rahim. Terutama di bagian terdalam dari liang vagina untuk meminimalisir resiko kebocoran.

Selain itu, daya tampungnya juga berbeda jika menstrual cup memiliki volume 30-50 mililiter. Pada saat yang sama, bantalan menstruasi dapat menampung hingga 75 mililiter.

 

  1. Jangan gunakan untuk berhubungan intim saat haid

Menstrual disc cocok untuk menampung darah menstruasi yang ramah lingkungan karena sama-sama dapat digunakan berulang kali. Alat ini memang tidak dirancang khusus untuk berhubungan badan saat haid.

Dr Julita menegaskan, berhubungan seks saat menstruasi juga tidak dianjurkan karena dapat memicu infeksi dan gangguan kesehatan lainnya.

“Tidak dianjurkan berhubungan intim saat haid, kecuali kotor yang bisa menyebabkan infeksi dan juga bisa menyebabkan darah mengalir balik atau mengalir kembali ke rongga panggul, ini adalah salah satu teori yang cukup kuat dengan adanya tentang kista endometriosis atau kista coklat, yang kasusnya cukup umum, banyak sekali,” ujarnya.

Perbedaan Antara Menstrual Disc dan Menstrual Cup

  • Menstrual cup digunakan lebih sedikit di saluran vagina. Saat menstrual cup dimasukkan, silikon lembut membentuk segel penghisap yang menahannya di tempatnya.

Menstrual cup ini ditempatkan hampir dibagian tengah vagina. Sehingga resiko kebocoran masih lebih tinggi. Sementara itu, pembalut menstruasi diletakkan di dekat mulut rahim atau leher rahim, bagian terdalam dari saluran vagina, untuk meminimalisir risiko kebocoran.

Kapasitas penyimpanan cangkir menstruasi adalah 30-50 mililiter. Pada saat yang sama, bantalan menstruasi dapat menampung hingga 75 mililiter.

 

  • Menstrual disc terbuat dari silikon atau kombinasi polimer plastik dan resin. Sebagian besar pembalut sekali pakai, jadi ini pilihan yang kurang ramah lingkungan dibandingkan menstruasi cup.

Dari segi daya tahan, menstrual disc dapat digunakan selama beberapa tahun karena lapisan silikon ultra yang sangat tipis. Meski kurang tahan lama dibandingkan cangkir menstruasi, metode ini tetap hemat biaya.

Keduanya terbuat dari silikon kelas medis, yang dapat mencegah kemungkinan perubahan pH vagina, sehingga mengurangi risiko infeksi.

Kedua alat tersebut dapat menampung darah haid sehingga tidak bocor. Menstruasi disch dan menstrual cup tidak dirancang khusus untuk berhubungan seks saat menstruasi. Berhubungan seks saat menstruasi lebih banyak menimbulkan risiko daripada manfaat.

Beberapa kondisi dapat terjadi, seperti endometriosis, suatu kondisi dimana jaringan yang mirip dengan endometrium mulai tumbuh di tempat lain, seperti ovarium dan saluran tuba.

 

  • Dalam hal penempatan, pembalut ditempatkan sangat dekat dengan mulut rahim atau leher rahim, di bagian terdalam dari saluran vagina.

Sebaliknya, menstrual cup diletakkan lebih rendah, hampir di tengah vagina. Dengan demikian, risiko kebocoran dari pembalut menstruasi lebih besar. Kapasitas penyimpanan menstrual cup adalah 30-50 mililiter.

Pada saat yang sama, menstrual disc dapat menampung hingga 75 mililiter. Karena tekstur dan desainnya, pembalut dapat digunakan hingga 12 jam. Cukup efektif menampung darah haid.(redaksi: slot gacor )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *